Menulis artikel original dan berkualitas untuk blog

menulis artikel berkualitas
12.png

Menulis artikel original dapat dilakukan dengan menulis artikel yang belum pernah dibahas atau diterbitkan pada blog atau media online. Konten yang original dan unik tentulah disukai oleh google, sehingga memudahkan peneriman pendaftaraan adsence google.

Apabila membuat konten artikel blog dari hasil plagiat atau hasil dari copy paste konten orang lain tentulah melanggar hak cipta dan ini akan terdektisi oleh pihak google sendiri. Akibatnya, blog yang didaftarkan ke adsence akan ditolak karena konten konten rendah (low quality content) ) dan tidak unik.

Apabila kalian ingin membuat blog yang berkualitas tinggi dan ingin didaftarkan adsence, maka perlu memperhatikan memperhatikan hal-hal di atas. Sehingga ketika situs didaftarkan ke adsence, maka langsung bisa diterima dan kalian bisa mendapatkan penghasilan melalui iklan yang ditampilkan pada blog.

Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk membangun blog yang berkualitas tinggi dan membuat konten-konten yang berkualitas? Jika itu yang diinginkan, maka kalian sangat tepat membaca artikel ini.

Menulis artikel original dan berkualitas

Menulis artikel original pada sebuah blog merupakan pilihan yang utama, karena konten original sangat disukai oleh google. Artikel yang berkualitas dan memberikan informasi yang valid tentu akan sangat bermanfaat bagi orang banyak. Ibarat berjualan, maka produk apa yang sedang anda tawarkan kepada publik.

Apbila produk yang ditawarkan bagus dan berkualitas maka pembeli otomatis akan mendatangi tempat anda berjualan. Jika jualannya adalah produk yang sama, maka haruslah didesain seunik mungkin sehingga bisa menarik para pembeli.

Demikian juga dengan blog, apabila konten artikel yang diterbitkan berkualitas dan informatif tentu akan disukai oleh banyak orang. Walaupun ada blog-blog yang membahas mengenai topik yang sama, misalnya tentang pendidikan, teknologi, berita, atau tentang kesehatan.

Berikut ini ada beberapa hal yang akan penulis bahas mengenai kontnen artikel yang original dan berkualitas. Setidaknya ulasan ini bisa memberikan manfaat dan berguna bagi teman-teman yang sedang berjuang mengisi blognya dengan artikel-artikel yang bermanfaat.

1. Membuat topik yang unik

Membuat topik yang unik berarti topik artikel yang ditulis benar-benar unik dan belum pernah ditulis oleh orang lain. Artinya bahwa penulis benar-benar dituntut untuk memiliki ide dan gagasan mengenai topik yang akan dibahas.

Topik yang dibuat juga haruslah padat, jelas, informatif dan mudah dipahami oleh para pembaca nantinya. Jangan membuat judul yang membingungkan ataupun kurang jelas, sehingga menimbulkan banyak pertanyaan dan perdebatan.

Oleh sebab itu, mengumpulkan banyak informasi dari berbagai sumber sangat diperlukan sebagai penunjang untuk menentukan topik yang unik. Penting juga untuk memikirkan dan membuat ide-ide atau gagagasan mengenai judul artikel yang menarik dan juga informatif.

Ketika membuat blog dan menulis artikel, janganlah ikut-ikutkan orang lain yang suka copy paste. Mengapa demikian? Pertama, perbuatan tersebut melanggar hak cipta dan merupakan tindakan yang tidak terpuji. Kedua, melakukan parafrase pada artikel orang lain tentu tidak mudah, dan ini membutuhkan teknik khusus. Dan sebaiknya, hal ini tidak perlu dilakukan karena menulis artikel sendiri akan jauh lebih baik.

2. Membuat konten sesuai kemampuan

Membuat dan menulis konten artikel sebaiknya menyesuaikan kemampuan dari diri sendiri. Mengapa demikian? Apabila menulis sesuai dengan kemampuan maka setidaknya kita paham dan tahu betul mengenai topik yang ditulis.

Hal untuk mengantisipasi konten-konten yang tidak berkualitas dan informasi yang tidak valid, karena kita bukan ahli di dalam bidang tersebut. Misalnya kalian seorang guru, maka tulislaha artikel yang berkaitan dengan pendidikan, pembelajaran di kelas atau tentang media pembelajaran.

Dengan demikian, artikel menjadi berkualitas karena anda berada pada bidang itu. Yang aneh adalah ketika dia ahli dalam pembelajaran di sekolah tetapi menulis tentang teknologi misalnya. Tentu hal ini akan berdampak kepada tulsian tersebut, karena bukan bidang yang dikuasainya.

3. Artikel memiliki struktur yang jelas

Menulis artikel original juga harus didukung dengan struktur tulisan yang jelas, mudah dipahami dan enak dibaca. Artinya jangan menulis artikel tanpa adanya judul, sub judul, dan sub-sub judul. Apabila hal ini dilakukan, maka para pembaca tidak akan tertarik dengan artikel yang ditulis.

Bagi para penulis artikel harus memperhatikan hal ini. Buatlah judul artikel yang menarik, lalu buatlah sub judul untuk mendeskripsikan konten kalian supaya isinya semakin jelas. Bila diperlukan bualah juga sub-sub judul sehingga topik utama dapat dijelaskan secara jelas dan mudah untuk dipahami.

Dengan adanya judul, sub judul dan sub-sub judul, maka artikel yang ditulis memiliki alur, isi dan maksud yang jelas. Dengan demikian, para pembaca akan suka membaca dan tertarik dengan artikel-artikel yang kalian tulis.

4. Kesimpulan: Menulis artikel original

Menulis artikel yang original dan berkualitas tentu membutuhkan proses demi proses. Ketika sudah terbiasa menulis banyak artikel, maka secara otomatis kemampuan menulis juga akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk menulis dan membaca banyak buku juga dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis.

Kemampuan menulis juga harus dilatih secara terus-menerus, sehingga penggunaan kosa-kata, bahasa dan penyusunan kalimat semakin hari akan semakin bagus. Jangan takut untuk menulis, karena menulis juga bisa menjadi tempat untuk mencurahkan isi hati atau ide-ide yang ada di dalam diri kalian.

Semoga artikel ini dapat berguna dan memberikan manfaat bagi kalian yang ingin membuat artikel yang original dan berkualitas. Jika ada pertanyaan ataupun hal-hal yang belum paham, maka dapat menuliskannya di dalam komentar.

Related posts