Memanfaatkan hobi menulis untuk berkarya

Memanfaatkan hobi menulis
12.png

Memanfaatkan hobi menulis dapat dilakukan dengan membuat blog pribadi, menjadi penulis buku, penulis cerpen atau penulis pada media online. Menuangkan kemampuan menulis tentu saja ada tempatnya, sehingga tulisan-tulisan tersebut dapat berguna dan memberikan bermanfaat bagi banyak orang.

Salah satu cara yang paling mudah dalam menuangkan hobi menulis adalah dengan membuat blog pribadi. Karena tulisan-tulisan kalian akan diterbutkan secara online dan mampu menjangkau ribuan atau bahkan jutaan pembaca. Selain itu, menulis yang didasari dengan hobi tentu tidak akan membosankan ataupun melelahkan.

Read More

Setiap orang tentu memiliki hobi dan kemampuan menulis yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan dalam menulis buku, menulis artikel ilmiah, menulis cerpen atau justru ada yang menjadi penulis pada media online tertentu. Setiap orang memiliki talenta dan kemampuan yang berbeda-beda.

Memiliki kemampuan menulis seharusnya terus dilatih dengan membiasakan diri untuk menulis, supaya tata bahasanya semakin baik dan nantinya bisa menjadi penulis yang hebat. Ada banyak para penulis yang menuangkan ide dan gagasannya dalam berbagai tulisan, yang pada akhirnya membawa mereka menjadi penulis terkenal.

Hobil menulis

Memanfaatkan hobi menulis tentu bisa dilakukan secara maksimal apabila ada tempat untuk menuangkan ide-ide tersebut di dalam tulisan dan artikel ini mungkin sangat cocok sekali bagi anda. Artikel ini membantu dan menolong kalian untuk menuangkan ide-ide dan gagasan dalam bentuk tulisan yang nantinya bisa dibaca oleh banyak orang.

Memanfaatkan hobi menulis dengan membuat blog

Kalian bisa menulis apa saja sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Apabila menulis konten artikel di dalam sebuah blog maka bisa memilih dan menentukan topik/kategori artikel yang akan ditulis.

Oleh sebab itu, cara yang pertama dalam mengimplementasikan hobi menulis adalah dengan membuat blog personal atau pribadi. Mengapa membuat blog? Jawabannya karena biaya yang dikeluarkan sangat murah, apabila menggunakan blogspot dari blogger.com maka bisa digunakan secara gratis. Kalian cukup modal untuk membeli domain dengan harga cukup murah pertahun.

Buatlah blog yang sesuai dengan hobi kalian sendiri. Sesuaikan topik blog kalian dengan kemampuan menulis yang dimiliki. Misalnya kalian memiliki kemampuan tentang pendidikan, maka buatlah blog dan mengisinya dengan artikel-artikel yang bermanfaat seputar edukasi atau pendidikan.

Apabila kalian memiliki keahlian dalam membuat tutorial, maka buatlah artikel seputar tutorial. Jadi, memanfaatkan blog sebagai tempat untuk menulis berbagai macam-macam topik bisa menjadi pilihan dan tempat yang tepat. Bagaimana, apakah kalian tertarik?

Menjadi penulis buku

Memanfaatkan hobi menulis selanjutnya juga bisa dilakukan dengan menjadi penulis buku dengan berbagai topik. Di era digital sekarang ini, banyak sekali publisher yang menarwakan kerjasama untuk menjadi penulis buku.

Bahkan dalam beberapa kesempatan, penulis juga pernah ditawari untuk menulis dan menerbitkan buku oleh publisher ternama. Apabila buku yang di tulis tersebut bertujuan untuk diperjual-belikan, maka sudah ada perhitungan pembagian royalti.

Tentulah ini bisa menjadi cara yang tepat dalam menyalurkan hobi menulis dengan menulis buku dan sekaligus bisa mendapatkan penghasilan tambahan atau passive incame. Saya pikir ini peluang yang bisa dimanfaatkan dengan baik, karena ini bisa menjadi langkah awal untk menjadi seorang penulis yang hebat.

Kalian bisa menulis buku dengan berbagai topik dan menyesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Misalnya dengan menulis buku tentang pendidikan, tutorial, komix, Cerpen atau Novel.

Menuangan hobi menulis pada media online

Selain menulis buku, kalian juga bisa memanfaatkan hobi dengan menjadi penulis pada media online tertentu. Ada banyak media online bahkan ribuan yang menerima konten dari penulis-penulis lokal yang memiliki ide-ide yang bagus.

Kalian bisa mendaftarkan diri pada media tertentu untuk menjadi penulis, selanjutnya tinggal ikuti aturan main dari media online tersebut. Caranya cukup gampang dan mudah, jika ada kesulitan silahkan brousing di google mengenai menjadi penulis media online.

Yang terpenting jangan menjadi menjadi penulis keburukan pasangan sendiri, keluarga ataupun orang-orang di sekitarmu, karena itu perbuatan yang tidak terpuji. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan juga refleksi bagi kalian yang memiliki hobi menulis tetapi tidak memiliki tempat yang tepat.

Related posts