Tips menemukan jodoh yang sepadan

12.png

Menemukan jodoh yang sepadan adalah impian bagi kaum muda-mudi yang ingin menikah, sehingga nantinya bisa membangun keluarga yang bahagia. Sepadan berarti menemukan seseorang yang bisa menjadi pasangan yang saling mendukung, setia dalam suka dan duka dan saling melengkapi.

Tentulah menemukan orang yang tepat tidaklah mudah, karena setiap individu memiliki kriteria-kriteria yang berbeda. Ada kemungkinan dari pihak laki-laki merasa cocok tetapi belum tentu dari pihak perempuan atau laki-lakinya menyukai tetapi phak wanita tidak menyukai demikian juga sebaliknya.

Oleh sebab itu, mencari pasangan yang seiman dan sepadan tidaklah muda, karena harus menemukan dua pribadi yang sama-sama menyukai dan juga memenuhi kriteria yang mereka telah tetapkan.

Biasanya orang yang mencari pasangan asal-asalan pasti bukan untuk tujuan menikah, tetapi hanya untuk bersenang-senang saja.

Bagaimana cara menemukan jodoh yang sepadan?

Mencari dan menemukan pasangat yang tepat dapatlah dilakukan dengan berdoa kepada Tuhan, dan membangn relasi. Kedual hal ini sangat penting untuk meminta petunjuk Tuhan dalam mengenal orang-orang di sekitar kita.

Pada umumnya banyak pemuda-pemudi kristen yang terkadang tidak meminta petunjuk Tuhan dalam menentukan dan memilih pasangan. Sehingga pilihan-pilihan tersebut hanya berdasarkan asumsi-asumsi pribadi saja, misalnya harus cantik atau ganteng.

Tentulah pilihan-pilihan tersebut hanyalah berdasarkan fisik saja dan bukan berdasarkan kata “sepadan.” Karena interpretasi dari kata “sepadan” bukanlah berdasarkan fisik seseorang.

Tips pertama: Menemukan melalui dosa

Menemukan pasangan hidup yang sepadan haruslah melalui doa. Mengapa harus berdoa? Ini adalah pertanyaan klasik yang jawabannya sebenarnya sudah diketahui. Doa merupakan cara kita sebagai orang-orang percaya untuk berkomunikasi dan berbicara kepada Tuhan.

Doa merupakan cara kita untuk memuliakan dan mendekatkan diri kepada Tuhan, sehingga membuat kita lebih peka terhadap suara Roh Kudus karena kita sering berkomunikasi dengan-Nya. Dengan adanya relasi dan persekutuan yang dekat maka Allah akan berbicara kepada orang-orang yang dikasihi-Nya melalui Roh Kudus.

Oleh sebab itu, berdoa dan berbicara kepada Tuhan dalam memilih dan menentukan pasangan hidup berarti kita mengijinkan-Nya untuk ikut campur dalam memilih, melakukan selksi dan menentukan melalui suara Roh Kudus di dalam hati kita.

Orang-orang yang bergumul dengan melibatkan Tuhan dalam mencari dan menentukan pasangan hidup maka ia akan mendapatkan pasangan yang sepadan. Sepadan berarti pasangan yang ideal yang mampu untuk saling mengasihi, saling melengkapi, saling mendukung dan menjadi patner hidup selamanya sampai maut memisahkan.

Tips kedua: Berusaha dengan membangun relasi

Menemukan jodoh tentu bukan hanya dilakukan dengan berdoa saja, tetapi juga dengan memperbanyak jaringan relasi, supaya memiliki banyak teman dan sahabat. Dengan memiliki banyak teman maka akan lebih mudah dalam mencari dan menemukan pasangan hidup karena sudah melakukan dengan maksimal melalui doa dan berusaha.

Dengan memiliki banyak kenalan maka ada kemungkinan bisa menemukan pasangan yang cocok dan sesuai dengan kriteria yang dtentukan. Namun janganlah menentukan standar yang tinggi, karena jodoh yang sepadan bukan berbicara tentang hal-hal secara fisik.

Apabila standar yang dittapkan sangat tinggi maka akan sangatlah sulit untuk mendapatkan jodoh. Mungkin saja Tuhan sudah mengirimkan jodoh yang tepat, tetapi karena standar manusia yang tinggi maka jodoh yang Tuhan kirimkan menjadi terlewat.

Ada kemungkinan kalian yang belum mendapatkan pasangan hidup jodohnya sudah terlewat dan mungkin sudah menikah hehehe! Namun janganlah khawatir karena Tuhan menciptakan manusia itu berpasang-pasangan, yang terpenting mau berdoa dan berusaha.

Tips ketiga: Libatkan Tuhan dalam pemilihan

Apabila teman-teman semua sudah memiliki teman dekat atau memiliki seseorang yang disukai, maka bawalah di dalam doa. Nyatakan keinginan dan kerinduanmu melalui doa dan tanyakan kepada Tuhan, apakah orang yang andai sukai tersebut tepat menjadi pasanganmu.

Dengan selalu membawanya ke dalam doa berarti anda telah melibatkan Tuhan dalam rencana dan pengambilan keputusan. Dengan demikian Allah akan menuntun dan membimbingmu sehingga bisa menemukan pasangan yang tepat.

Percayalah bahwa Tuhan pasti akan membawa dan memberikan pasangan yang tepat bagi anda, asalkan kalian semua merendahkan hati dan mendengar suara Tuhan. Ingatlah bahwa yang terbaik menurut anda belum tentu baik menurut Tuhan, dan yang terbaik menurut Tuhan sudah pasti yang terbaik menurutmu.

Jadi pahamilah maksud paragraf di atas, yang terbaik menurut Tuhan itu sudah pasti yang terbaik. Artinya janganlah menjadi orang yang terlalu idealis, tetapi selalu libatkan Tuhan dalam mencari, memilih dan menentukan pasangan.

Demikianlah beberapa penjelasan di atas yang mungkin bisa berguna dan bermanfaat bagi teman-teman semua yang sedang dalam mencari pasangan hidup. Janganlah takut dan menyerah, selagi kalian mengandalkan Tuhan maka akan ada tawa dan bahagia di setiap endingnya.

Related posts